Merawat Motor Matic? Perhatikan Kesehatan Jeroan CVT!
Brosis, tentunya yang namanya motor matic sudah bukan hal yang aneh lagi nih. Pasti ada banyak Brosis disini yang menggunakan motor matic buat tunggangan hariannya. Kalaupun belum punya motor jenis matic, minimal pernah mencoba deh. Iya enggak? :P
Namun bagi pemilik motor matic mungkin pernah bertanya-tanya, adakah cara khusus dalam merawat motor matic? Ada sih. Tapi enggak ribet kok. Yuk disimak terus artikelnya!
Perbedaan utama pada motor matic adalah sistem penggeraknya yang menggunakan  Continous Variable Transmission (CVT). Hal ini berbeda dengan motor bebek atau sport yang menggunakan rantai. Lalu apakah perbedaannya hanya disitu saja? Tentu tidak. CVT memegang peranan penting dalam transfer daya dari mesin sehingga roda belakang dapat berputar. Makanya komponen ini penting banget buat dijaga kondisinya!
Apa saja yang harus dilakukan buat ngecek kondisi CVT? Yang pertama cek dulu drivebelt-nya. Cukup cover CVT dan lihat apakah belt retak atau tidak, kalau terlihat ada keretakan maka sebaiknya diganti.
Berikutnya, cek Roller. Caranya, periksa bentuk roller jika ada bentuk yang rusak atau peyang (tidak
rata) harus diganti. Dan saat pengantian harus satu set walaupun yang rusak hanya satu karena
roller yang lain memiliki keausan yang berbeda sehingga kerja antara yang satu dengan yang lain tidak merata. Oh ya, ketebalan roller tidak boleh kurang dari 17,5 mm
Lalu yang nggak boleh kelupaan adalah mengganti oli girbox setiap 8000km. Gunanya? Tentu melumasi gardan agar bekerja tetap optimal. Ciri-ciri oli girbok minta diganti adalah munculnya suara kasar di dekat roda.
Langkah berikutnya cukup mudah nih, yaitu rajin-rajinlah dalam membersihkan filter udara CVT. Ini penting, sebab jika filter kotor, maka tarikan motor bakal terasa berat dan BBM lebih boros. Idealnya saringan udara harus di bersihkan setiap 3 bulan atau berbarengan saat servis berkala. Namun itu tidak menjadi patokan, apalagi kalau Brosis tinggal di daerah yang suasananya berdebu, dijamin bikin saringan udara cepat kotor.
Untuk motor matic Honda, biasanya di dalam saringan udara terdapat parts yang namanya ELEMENT AIR CLEANER dengan tipe basah. Nah element ini tidak bisa dibersihkan, tapi harus diganti jika memang sudah sangat kotor.
Sebenarnya mudah kok dalam merawat motor matic. Patokan dalam mengganti komponen-komponennnya sebenarnya sudah ada di buku pedoman pemilik. Kalau kelupaan, tinggal nyontek aja di buku pedoman pemilik. Gak repot kan

0 komentar:

Posting Komentar

TIPE BEBEK

TIPE MATIC

TIPE SPORT

 
Top